BAZNAS Award 2018 Diharapkan Pacu Semangat Kebangkitan Zakat

By Admin

nusakini.com-Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kembali menggelar malam anugerah perzakatan. Kegiatan bertajuk BAZNAS Award 2018 ini, bertujuan memberikan penghargaan kepada BAZNAS dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) tingkat provinsi dan kabupaten/kota, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BUMN, swasta dan sejumlah kepala daerah, tokoh dan media pendukung kebangkitan zakat. 

“Tahun ini BAZNAS kembali menganugerahi penghargaan kepada BAZNAS dan LAZ terbaik, para tokoh, kepala daerah, dan media, yang konsisten dalam mendukung program-program kebangkitan zakat, agar semakin memacu kebangkitan zakat di negeri ini,” ujar Ketua BAZNAS Bambang Sudibyo di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kemenag MH Thamrin, Jakarta, Jumat (07/09) lalu.

“Kami memberikan penghargaan kepada LAZ terbaik, para tokoh, kepala daerah, dan media, yang konsisten dalam mendukung program-program kebangkitan zakat berdasarkan laporan 2017," lanjutnya. 

Menurut Bambang, pada tahun 2017 perolehan zakat sudah mencapai 6,2 triliun rupiah. Ia berharap tahun 2018, capaian itu akan meningkat menjadi delapan triliun rupiah, mengingat potensinya sangat besar bagi kesejahteraan umat. 

"Dari jumlah tersebut hanya 2,9 persen dari potensi zakat yang ada di Indonesia. Dan Zakat seharusnya dikelola seperti pajak mengingat potensinya sangat besar bagi kesejahteraan umat," imbuhya. 

Bambang berharap BAZNAS Award yang diberi tajuk ‘Kuat Karena Zakat’ ini mampu memberi dampak positif untuk terus menginspirasi dan mendukung kemajuan dunia perzakatan. 

“Ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI ke -73,” ujarnya. 

Dalam kesempatan tersebut sekaligus dilakukan pemberian sertifikat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) kepada lembaga sertifikasi profesi Baznas serta penyerahan sertifikat secara simbolik kepada Amil yang telah melakukan uji kompetensi. 

Turut hadir pada kegiatan yang digelar oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Dirjen Bimas Islam Muhamadiyah Amin, Sekretaris Bimas Islam Tarmizi Tohor, perwakilan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, perwakilan Gubernur / Bupati, direksi BUMN, dan perwakilan duta besar sahabat.  

Tampak hadir pula jajaran BAZNAS, mulai dari Wakil Ketua BAZNAS Zainulbahar Noor, Deputi BAZNAS, M. Arifin Purwakananta; Sekretaris BAZNAS yang juga Ketua Panitia BAZNAS Award, H. Jaja Jaelani, para anggota BAZNAS, Direksi, manajemen, dan amil-amilat BAZNAS. (p/ab)